Mengenal Rukun Haji

by Admin on 30 January 2013

Mengenal Rukun  Haji

Mengenal Rukun  Haji

Sebagian banyak orang mengetahui bahwa pelaksanaan ibadah haji berbeda dengan umroh dilihat dari segi waktu, haji memiliki waktu pelaksanaan yang cukup terbatas. menurut alqur-an yang terdapat dalam surat Al – Baqarah ayat 197 menyebutkan mengenai waktu dari masing – masing ibadah haji dan umroh. jika musim haji dilaksanakan pada bulan Syawal, bulan Dzulqaidah dan bulan Dzulhijjah, yaitu pada tanggal 1 Syawal sampai dengan tanggal 10 bulan Dzulhijjah. Sehingga waktunya dibatasi selama 69 hari saja.

Dalam salah satu hadistnya , Rasulullah SAW mengatakan bahwa tidak ada haji bila tidak ada wukuf di Padang Arafah. maka rukun haji inilah yang paling penting dan tidak sah apabila ada seseorang bila tidak melaksanakannya dan Rukun Haji Wajib Dilaksanakan. sehingga tidak menjadi suatu berita besar jika ada salah satu jemaah haji yang sakit , maka disediakanlah fasilitas seperti beberapa ambulance agar mampu melaksanakan wukuf. sedangkan untuk pelaksanan wukuf arafah sendiri dilaksanakan pada setiap tanggal 9 Dzulhijjah.

Adapun rukun haji lainnya, yakni Thawaf. Thawaf disini memiliki definisi sebagai aktivitas mengelilingi Ka’bah sambil mengucapkan beberapa doa dan seruan yang seperti kita prnah dengar sebelumnya, yakni ” Labbaik Allahuma Labbaik”, ( Ya allah, Aku datang untuk memenuhi panggilan- Mu)

Adapula Sa’i, Tahallul, Ma’bit dan melempar jumroh. dimana sa’i dilakukan dengan berjalan cepat bolak – balik sebanyak 7 kali diantara bukit Shafa dan Bukit Marwah. sedangkan tahallul sendiri memiliki definisi, yakni mencukur atau memotong ramburkira – kira 3 helai rambut. dan Ma’bit yaitu menginap semalam di Muzdalifah.

Kemudian ada juga melempar jumroh pada tanggal 10,11, dan 12 Dzuhijjah. Melempar jumroh pada 3 tiang ini. dimana 3 tiang ini diandaikan sebagai bentuk perlawanan manusia agar tidak mudah tergoda oleh bisikan syaitan. dan lemparan jumroh ini diibaratkan sebagai benda untuk melempar syaitan tersebut. Semua rukun haji tersebut memiliki beberapa arti tersendiri yang wajib dilakukan oleh setiap para jamaah haji.

Nah untuk mengenal rukun haji ini tak ada salahnya anda untuk mengunjungi salah satu artikel kami untuk membahas informasi selengkapnya mengenai rukun haji itu sendiri. Anda dapat kunjungi artikel kami di : Ulasan mengenai Rukun Haji

Semoga artikel kami dapat bermanfaat untuk anda semua. Salam Cheria Travel

 

Leave a Comment

Previous post:

Next post: